BAGAIMANA GAMBARAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN DASAR (SD KELAS 1) DI INDONESIA DAN LUAR NEGERI
Hari ke 1
OUTLINE BUKU
BAGAIMANA GAMBARAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN DASAR (SD KELAS 1) DI INDONESIA DAN LUAR NEGERI
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
BAB I Pendahuluan
1. Alasan mengapa memilih judul
2. Rumusan masalah
3. Manfaat buku bagi pembaca
BAB II GAMBARAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN DASAR (SD KELAS 1) DI INDONESIA.
1. Bagaimana prosedur penerimaan peserta didik baru
2. Bagaimana gambaran Pembelajaran di kelas 1
3. Bagaimana hasil (out put) siswa
BAB II GAMBARAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN DASAR (SD KELAS 1) DI LUAR NEGERI.
1. Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Singapura.
2. Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Irlandia.
3. Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Jepang.
4. Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Jeddah.
5. Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Malaysia.
6. Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Mesir.
7. Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Belanda.
8. Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Cina.
9. Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Pakistan.
BAB III Bagaimana Model Pembelajaran yang Ideal di Kelas 1 SD
1. Bagaimana Prosedur penerimaan peserta didik baru
2. Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran di kelas 1 SD
3. Bagaimana Out Put yang Ideal
BAB IV PENUTUP
Kesimpulan
Saran
DAFTAR PUSTAKA
SINOPSIS
BIODATA PENULIS.
BAB I
PENDAHULUAN
1. Alasan Memilih Judul
Sore ini, Ahad, 31 Januari 2021 ada tantangan dari PGRI untuk menulis selama 28 hari. Start tantangan menulis dimulai hari Senin, 1 Februari 2021. Diharapkan semua peserta lomba menuliskan karyanya setiap hari, selama satu bulan. Setelah ditulis, wajib dikirimkan alamat menulisbukugratis.id, tepatnya di Yayasan Penerbit Thamrin Dahlan (YPTD).
Sebagai seorang guru. Penulis ingin berpartisipasi dalam lomba tersebut. Selain memotivasi untuk menulis, peserta juga dapat menerbitkan buku solo secara gratis. Karena setiap karya peserta lomba selama 28 har,i akan diterbitkan secara gratis oleh Yayasan Penerbit Thamrin Dahlan (YPTD).
Mengapa penulis memilih judul “ Bagaimana Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Dasar (SD Kelas 1) di Indonesia Dan Luar Negeri?” Sebagai guru di kelas 1 MI Ma’arif Sendang Pengasih Kulon Progo DIY, Penulis ingin belajar lebih banyak refensi pelaksanaan pembelajaran di dalam negeri dan luar negeri. Dengan tujuan agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya, dan di MI Ma’arif Sendang pada Khususnya.
2. Rumusan masalah
Pada pembahasan mendatang penulis akan menguraikan 3 hal sebagai berikut:
a. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 SD di Indonesia?
b. Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran kelas 1 SD di luar negeri?
c. Bagaimana model pembelajaran yang ideal di kelas 1 SD atau MI?
3. Manfaat Buku bagi pembaca.
Setelah membaca buku ini diharapkan pendidik kelas 1 SD atau MI dapat terinspirasi untuk meningkatkan mutu penbelajarannya. Dengan adanya peningkatan mutu pembelajaran, otomatis pendidikan di Indonesia akan meningkat pula.
Disisi lain, semakin luas wawasan seorang guru, maka akan muncul inovasi-inovasi dalam pembelajaran dan pendidikan. Inovasi inilah yang sangat dibutuhkan seorang pendidik dalam mengemban amanah mencerdaskan anak bangsa.
Buku ini juga sangat bermanfaat sebagai referensi bagi guru dalam mengabgred dirinya sebagai guru pembelajar. Senada dengan amanat Mentri Pendidikan ( Bapak Nadim Makarim) dan konsep Long Life Education.
Dalam Agama Islam, Baginda Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Carilah ilmu dari ayunan sampai masuk liang lahat.” Maksud hadis ini bahwa setiap manusia wajib belajar seumur hidup ( Long Life Education), apalagi seorang guru. Wajib hukumnya untuk selalu belajar dan belajar.
Komentar
Posting Komentar